Rabu, 30 Juni 2010

Metal, and now is Composite

this is the sky-traveller recent research,
engga research juga sih sebenernya, cuma sebagian dari kerjaan KP..

jadi ceritanya mau sharing sama temen2 nih,
sekarang saya dan teman2 saya yang KP di PT DI (khususnya di bidang structure design) sedang nge re-make pesawat NMX yang adalah pesawat jet eksekutif 6-8 penumpang yang tadinya pakai material full metal, sekarang di design buat jadi full composite,
buat temen2 yang ga tau komposit apaan, nih dia definisi komposit:

Composite materials, often shortened to composites, are engineered materials made from two or more constituent materials with significantly different physical or chemical properties which remain separate and distinct on a macroscopic level within the finished structure.

nah,kenapa si materialnya di gabung2? supaya masing2 kelebihan dari materialnya dapat melengkapi satu sama lain, supaya bisa menahan beban yang akan jadi tanggungannya (kasarnya sih gitu lah) :D

walaupun si proyek NMX ini ternyata lagi vacum di PT DI, tapi saya tetap semangat kok ngerjainnya,
kan lumayan bisa pelajarin cara bikin pesawat langsung,
siapa tau nanti saya jadi generasi penerusnya Indonesian Aerospace a.k.a si PT DI ini (hahaha,amin dah)..

buat info aja nih, siapa tau tertarik bacanya,
yang dikerjain sekarang tuh badan pesawat a.k.a fuselage
frame nya ada 10 untuk yang metal, dan hanya akan ada 5 (sepertinya) jika memakai material komposit,
tebal skin nya hanya akan berkisar di 2,5-5 milimeter,
ada 3 buah longeron(s), dan ada sepasang kill beam di bawah floor dari pesawat buat nahan inpact load jika terjadi crush landing.
mohon maap yah klo bahasanya masih nyampur2, maklum masih newbie..
hehhehe,

sekian dulu dah, soalnya di post sebelumnya udah bilang mau tidur, jadi yang sekarang tidur beneran deh..
:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar