Kamis, 26 Agustus 2010

“An Inconvenient Truth”


An Inconvenient Truth adalah sebuah film dokumenter yang menceritakan tentang perubahan lingkungan di bumi. Perubahan yang drastic yang menyebabkan perubahan atau lebih tepatnya percepatan proses alamiah yang terjadi di bumi. Siklus yang sebenarnya secara alamiah sudah terjadi beberapa kali di masa lampau. Proses ini disebut dengan global warming ,yang selanjutnya system akan dikembalikan kondisinya secara perlahan dengan sesuatu yang disebut ice age.

Saat ini,proses yang seharusnya berjalan perlahan dengan waktu yang panjang telah dipercepat karena ulah manusia. Prilaku manusia yang seringkali tidak mengindahkan kelestarian lingkungan telah menyebabkan system alam menjadi tidak seimbang. Kebiasaan manusia membuang sampah sembarangan, memakai plastic yang sulit diurai, pemakaian bahan yang mengandung CFC ,dan yang paling berpengaruh adalah memakaian bahan bakar, baik batubara ataupun minyak bumi, yang menghasilkan polusi udara dalam jumlah besar dan menyebabkan kenaikan kadar CO2.

CO2 adalah salah atu komponen penting dalam pembentukan efek rumah kaca. CO2 berperan untuk “menjebak” gelombang panas yang masuk ke bumi,yang harusnya sebagian dari panas tersebut dapat dipantulkan kembali ke luar bumi. Hal ini menyebabkan kenaikan temperatur secara global pada bumi. Kejadian ini dikenal dengan nama Global Warming.

Global Warming mempunyai dampak yang signifikan dalam keseimbangan ekosistem di bumi. kenaikan temperatur, yang mungkin dirasa kecil bagi manusia, telah berdampak besar bagi kehidupan yang lain. Daerah kutub yang merupakan daerah cadangan air “beku” , saat ini sudah banyak bagian yang mencair dan menyebabkan kenaikan permukaan air laut. Dampak selanjutnya adalah berkurangnya wilayah daratan karena permukaan air laut meningkat.

Jika Global warming terjadi secara alami, maka akan terjadi kanaikan suhu di wilayah kutub yang selanjutnya akan meningkatkan ketinggian air laut dan penurunan suhu akan terjadi di wilayah equator. Penurunan suhu ini akan menyebabkan kemungkinan terjadinya kebakaran hutan di daerah equator akan berkurang dan kadar CO2 akan kembali pada kondisi yang wajar.

Namun gejala yang kita alami saat ini adalah gejala yang terjadi karena ulah manusia, dan jika tidak merubah kebiasaan kita menjadi kebiasaan yang berorientasikan menjaga lingkungan. Kondisi yang ada sekarang akan semakin memburuk dan akan menyebabkan kondisi lingkungan yang semakin ekstrim dan akan memperburuk lingkungan dimana manusia tinggal.

Film ini memaparkan dampak saat ini dan jangka panjang yang akan terjadi jika manusia tetap berprilaku tidak adil dengan tidak memperhatikan kelestarian lingkungan. Film ini juga mencoba membuka mata kita bahwa tantangan ini sangat nyata dan pasti kita hadapi dampaknya jika kita tidak berubah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar